09.00-21.00 WIB
0818.799.543
0818.799.543
0818 799 543

CS@RumahNyaman.com
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Lebih Baik Mana Kasur Busa atau Kasur Spring Bed ?

Thursday, July 18th 2019.

 

 

Saat ini Anda sering menjumpai berbagai produk kasur atau tempat tidur dipasaran, sehingga membuat bingung untuk membeli yang mana. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini kami akan mengajak Anda untuk pilih mana, kasur busa vs springbed, dimana mungkin masih banyak dari Sobat sekalian yang bingung untuk memilih. Supaya lebih jelas, kami akan menjelaskan secara satu per satu mengenai kedua jenis kasur tersebut.

Kasur Busa

Bahan kasur ini menggunakan busa yang telah mengalami proses kimiawi, yang disebut polyurethane. Kasur busa akan mengikuti berat dan tetap bertahan selama Anda berada di atasnya. Bentuknya pun bisa kembali seperti semula. Tapi semakin lama akan semakin kempes, terutama busa berkualitas rendah, sampai Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Kelebihan Kasur Busa

– Bekerja dengan baik untuk punggung dan perut saat tidur
– Lebih cocok untuk individu
– Memiliki beberapa variasi yang cocok untuk Anda yang memiliki budget minim
– Harga murah dibandingkan springbed
– Ringan dan mudah untuk dipindahkan
– Mudah dibersihkan atau dijemur

Kelemahan Kasur Busa

– Tidak terlalu awet, apalagi setelah terkena air
– Biasanya lebih panas untuk dipakai tidur

Struktur Inti Kasur Busa

Biasanya kasur busa terdiri dari satu atau lebih lapisan busa poliuretan, yang mana dengan yang lebih tua juga memanfaatkan busa memori. Bergantung pada biaya, kerapatan dan ketebalan lapisan ini berkisar antara 1,7 sampai 3,1 lb./cu.ft. dan dari sekitar 4 sampai 9 inci masing-masing. Kelemahan relatif dari kenyamanan bahan memang memiliki efek buruk pada daya tahan dan daya dukung kasur, namun tidak jarang juga terdapat kasur busa yang cukup kuat.

Daya Tahan Kasur Busa

Kasur busa bisa jadi kasur yang kokoh dan empuk karena mereka mendistribusikan berat badan Anda secara merata. Jika Anda menginginkan kasur busa yang memberikan dukungan yang sesuai untuk struktur tubuh Anda, terlepas dari postur tidur, Anda harus membeli kasur busa memori (yang jelas lebih mahal). Hal ini dikarenakan kasur busa biasa memiliki kepadatan minimal dan disipasi panas yang buruk, jadi jangan berharap ada yang setara dengan kasur busa memori high end.

Rekomendasi Kasur Busa

Berdasarkan bahan yang digunakan, dan jumlah tertentu yang digunakan, sangat jelas bahwa setiap orang dengan BMI lebih dari 25 tidak akan menemukan banyak kenyamanan atau dukungan dengan kasur busa ini. Bahkan, mereka yang memiliki BMI di bawah usia 25 tahun mungkin mendapati bahwa kasur busa tidak bertahan lama meskipun penggunaan normal. Namun, untuk penggunaan seperti kamar tidur anak-anak, atau kamar tidur tamu, kasur busa cukup berperforma baik, mengingat harganya yang cukup murah.

Ekonomi Kasur Busa

Kasur busa memiliki berbagai variasi, mulai dari density rendah hingga density tinggi. tingkat density inilah yang akan menentukan lamanya garansi, dimana semakin lama garansi busa yang dibeli, berarti busanya semakin bagus dan tentunya harga lebih mahal. Kisaran harga untuk jajaran kasur busa pun berbagai macam, ada yang di bawah Rp 500 ribuan hingga Rp 1 jutaan ke atas.

Springbed 

Kasur jenis ini terdiri dari banyak pegas (per) dan lapisan busa. Semakin banyak per, maka semakin baik kualitas kasurnya. Biasanya springbed yang dipasarkan terdiri dari 140 pegas per meter persegi. Bahannya menggunakan busa, lateks, atau campuran keduanya untuk membuat springbed tetap empuk. Pegas berfungsi untuk menopang tubuh hingga titik tertentu dan lalu memberikan daya lontar kembali, mengikuti kontur tubuh untuk tidur lebih nyaman.

Kelebihan Springbed 

– Sangat kuat dan awet (tergantung merk)
– Banyak pilihan bagus bagi mereka yang menginginkan permukaan tidur yang sesuai
– Nyaman, empuk dan elastisitas tinggi
– Tipe baru dilengkapi latex agar tidur menjadi lebih aman
– Daya tahan yang lebih baik karena ketinggian yang lebih tinggi

Kelemahan Springbed 

– Harga lebih mahal
– Bobot lumayan berat dan sukar memindahkannya

Struktur Inti Springbed 

Springbed berasal dari kata spring dan bed, dimana spring berarti per atau pegas dan bed yang berarti tempat tidur. Springbed sendiri memiliki banyak sekali model dan tipe, mulai dari serat biasa hingga busa memori gel, busa poliuretan, serat, dan pegas mini. Lapisan kenyamanan didukung oleh kumparan (koil) terbuka atau kumparan saku.

Dimanpun digunakan, kerapatan polyfoam springbed adalah 1,5 sampai 1,8 lb/cu.ft yang relatif sederhana, sedangkan kerapatan busa memori berada pada 3,1 lb./cu.ft., sama seperti kelompak kasur busa. Ketinggian kasur ini juga berkisar antara 6 sampai 17,75 inci.

Sampai sekarang, springbed menjadi kasur yang populer dikalangan masyarakat, terutama masyarakat kalangan menengah ke atas. Mereka beranggapan, spring bed lebih tahan lama dan awet jika dibandingkan kasur busa yang lama-kelamaan, busanya akan menurun.

Daya Tahan Springbed 

Sementara model yang lebih murah hampir sama tipisnya dengan kebanyakan kasur busa, namun model akhir yang lebih tinggi dengan tingginya melebihi 10 inch mampu menahan bobot individu lebih berat daripada kasur busa termahal. Tinggi yang lebih tinggi (berasal dari penggunaan beberapa lapisan pegas dan bahan yang lebih tebal) dapat lebih menyerap berat ekstra dan oleh karena itu membutuhkan waktu lebih lama untuk mengalami kerusakan bentuk.

Namun, ada kalanya jumlah koil di springbed ini pun tidak setinggi beberapa penawaran yang lebih baik di pasaran, jadi jangan berharap mereka bertahan lama. Bahkan sering dijumpai, ada penjual yang menyebut springbed, padahal itu adalah kasur busa yang dibungkus cover qulting sehingga menjadikannya lebih menarik layaknya spring bed asli.

Rekomendasi Springbed

Springbed bisa direkomendasikan untuk siapa saja yang menginginkan kasur yang lebih tahan lama dan awet. Namun springbed atau kasur pegas ini umumnya lebih cocok untuk penggunaan jangka panjang oleh individu dengan BMI mendekati 25.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa springbed mungkin tidak meresponsbanyak bobot BMI yang mendekati berat 20 (atau di bawahnya), kecuali Anda baik-baik saja dengan tidur di permukaan yang agak kaku. Tapi ada kalanya bagi seseorang dengan BMI di bawah 20, lebih memilih kasur jenis busa dibandingkan springbed.

Ekonomi Springbed 

Jika kita melihat dari harga pasaran, tentunya springbed memiliki beberapa tipe dan variasi yang menentukan harganya. Ada springbed yang berharga di bawah Rp 1 jutaan, atau bahkan ada model dengan harga mulai di atas Rp 15 juta, dimana tipe ini menggabungkan beberapa lapisan pegas individual, serta bahan kenyamanan yang lebih tangguh, sehingga mereka menawarkan dukungan dan kenyamanan yang lebih baik dibandingkan dengan kasur busa memori.

Pilih Mana: Kasur Busa vs Springbed?

Kasur Busa Springbed
– Memiliki beberapa variasi yang cocok untuk Anda yang memiliki budget minim – Banyak pilihan bagus bagi mereka yang menginginkan permukaan tidur yang sesuai
– Ringan dan mudah untuk dipindahkan – Bobot lumayan berat dan sukar memindahkannya
– Mudah dibersihkan atau dijemur – Daya tahan yang lebih baik karena ketinggian yang lebih tinggi

Kesimpulan

Sebenarnya keputusan untuk memilih kasur busa ataupun springbed ialah bersifat subjektif, sehingga sulit sekali memilih satu jenis kasur dari yang lain. Namun jika berbicara dalam hal kenyamanan, dukungan, dan daya tahan bagi seseorang dengan BMI antara 20 dan 25, mungkin Anda harus membeli springbed ketimbang kasur busa biasa.

Keduanya pun sama-sama bagus, oleh karena itu, kembali lagi dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda sendiri. Jangan terlalu berpengaruh dengan bagus atau terkenalnya suatu produk, namun harus dilihat juga keadaan diri kita sendiri. sumber

New
Springbed Plus Divan ukuran 160 Garansi Per sampai 15 Tahun

23%

Rp 2.050.000 2.650.000
New
Kasur Spring bed 2 in 1ukuran 120cm

16%

Rp 2.250.000 2.675.000
New
Lemari Dapur/Sayur 4 Pintu

20%

Rp 1.995.000 2.500.000
New
Sofa L Lapis Rebounded

23%

Rp 2.700.000 3.500.000
Sale
Sofa 2 Dudukan Retro

25%

Rp 1.650.000 2.200.000
Sale
Sofa Tamu Jati 211 Semut

16%

Rp 2.950.000 3.500.000

Cari Produk

Temukan Kami di

Pengiriman

Cek resi

Produk Sale